Selasa, 16 Juni 2015

TUGAS KE 07 BAHASA INDONESIA# Manfaat Sistem Informasi untuk Perusahaan

          Sistem informasi dapat diartikan sebagai suatu sistem terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya. Definisi sistem menurut FithGerald dalam Parno, 2015 ‘sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu’. Sistem informasi merupakan sekumpulan elemen – elemen yang saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu. . Syarat suatu sistem adalah sistem harus dibentuk untuk menyelesaikan tujuan, elemen sistem harus mempunyai rencana yang ditetapkan, terdapat hubungan antara elemen-elemen sistem, unsur dasar dari proses lebih penting daripada elemen sistem dan terakhir, tujuan organisasi lebih penting daripada tujuan elemen
Peran Sistem Informasi dalam suatu organisasi sangat diperlukan untuk mendukung strategi bersaing bisnis sehingga keuntungan dapat diraih. Penggunaan sistem komunikasi komputer seperti surat elektronik (email) ataupun sejenisnya dalam tatanan organisasi dapat menghilangkan pesan berganda kepada orang yang  kita tuju. Dari contoh kecil diatas dapat disimpulkan bahwa media ini telah mengubah organisasi secara mendasar. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa dengan adanya perkembangan Sistem Teknologi Informasi ini, memungkinkan suatu organisasi untuk mengalami transformasi.
Tugas utama sistem dalam sebuah perusahaan ada 3, yaitu : mendukung kegiatan – kegiatan usaha operasional. Kemudian tugas kedua berupa memperkenalkan inovasi bisnis. Tahap terakhir dalam tugas utama ialah membangun sumber – sumber informasi strategis. Tahap ini, perusahaan dapat membangun informasi strategis untuk mendapatkan kesempatan dalam keuntungan strategis. Sistem informasi perusahaan dapat mengembangkan jaringan telekomunikasi agar dapat memperoleh perangkat keras atau perangkat lunak.
Beberapa manfaat atau fungsi sistem informasi yaitu dapat meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi. Kedua menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis. Ketiga mengembangkan proses perencanaan yang efektif. Keempat mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi. Kelima  menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi. Keenam mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru. Ketujuh memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem. Lalu yang terakhir organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka. Manfaat bagi perusahaan bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi.

DAFTAR PUSTAKA
Kenneth C. Laudon, Sistem Informasi (Edisi 8), Penerbit Andi Yogyakarta (Terjemahan), 2005
Parno. Review Sistem Informasi Chapter-01. http://parno.staff.gunadarma.ac.id/. Diunduh tanggal 4 Mei 2015.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar